Minggu, 16 Juni 2013

eQuator Animation Art






ANIMASI GAME SEDERHANA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8


Hey Sahabat semua..kali ini sebagai awal posting terbaru “eQuator Animation Art” akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana cara membuat Animasi Game Sederhana di Macromedia Flash 8.
Caranya tedak terlalu rumit,tapi tak ada salah nya para sahabat semua mencoba dan mempraktekkan sendiri bagaimana membuat game sederhana ini.


Gambar01 :Background

Perhatikan gambar di atas.
Untuk langkah pertama,kita akan menambahkan 9 Layer baru..

Pada Layer1,kita akan membuat background nya terlebih dahulu.
      Dalam hal ini ,saya akan membuat 2 background yg berbeda dengan memakai 2 layer.
Untuk Layer 1, kita akan menggunakan Rectangle tool dg varian warna Radial Hitam ungu dengan Corner radius 30 points.kemudian Insert Keyframe sampai Frame 238,setelah itu kita kunci Layer 1.

Kemudian kita ke Layer 2,pada background ini kita akan meng-import image dg cara : klik menu File – Import- Import to stage.Setelah itu,gambar yg telah di import itu di blog,kemudian conver menjadi Bitmap (Modify-Bitmap-Trace Bitmap..). kemudian Insert Keyframe sampai Frame 238 dan kita kunci.

Pada Layer 3, kita akan membuat animasi  garis yang bergerak,seolah-olah  berputar searah jarum jam.

Gambar 02 : Garis

Kemudian kita insert keyfarame di Frame 15,pada frame 1 kita bikin create Motion Tween,pada frame 15,objek garis tsb kita tarik 90’ ke arah jam 6.

Kemudian kita insert keyfarame di Frame 30,pada frame 15 kita bikin create Motion Tween,pada frame 30,objek garis tsb kita tarik 90’ ke arah jam 9.

Kemudian kita insert keyfarame di Frame 45,pada frame 30 kita bikin create Motion Tween,pada frame 45,objek garis tsb kita tarik 90’ ke arah jam 12.

Kemudian kita insert keyfarame di Frame 60,pada frame 45 kita bikin create Motion Tween,pada frame 60,objek garis tsb kita tarik 90’ ke arah jam 3.setelah itu kita kunci.

Pada Layer 4, kita akan membuat animasi angka 5 ke 1.

Kita insert keyframe di frame 1,kita masukkan angka 5,kemudian kita insert keyframe d frame 3,kita ganti ukuran angka dg free transform tool,kemudian insert keyframe di frame 5,kita ganti ukuran lagi seperti gambar di bawah.

 







Masukan sampai ke angka 1.untuk lebih mudah,anda bisa men-copy frame,kemudian paste frame pada frame selanjutnya,anda cukup mengganti angka saja.setelah itu kita insert frame 128.dan kita kunci.


Pada Layer 5, kita akan membuat text “eQuator Animation Art” ,kita insert keyframe 129,dan frame 139.pada frame 129 kita create motion tween,di frame 139,text tsb kita geser ke tengah.dan kita insert keyframe d frame 146, kita input text '' Mempersembahkan" lalu insert keyframe di frame 161.kemudian kita kunci.



Pada Layer 6 ,kita akan membuat animasi text dg menggungakan mask.
Langkah pertama.insert keyframe d frame 162,ketik “Let’s Play” kemudian kita Break Apart text tsb untuk memisahkan setiap huruf nya. Dan kita pisahkan huruf nya satu persatu..seperti gambar :



                                                 Insert keyframe di frame 166__ Insert keyframe di frame 224
Kemudian kita kunci.






Pada Layer 7, kita kan membuat masking pada text “Let’s Play” tadi.
Langkah pertama yaitu membuat pola lingkaran seperti :
 di frame 172.kemudian insert keyframe di frame 197.create motion tween pada frame 172.kemudian,pada frame 197 kita drag lingkaran tsb menjadi seperti :
kemudian,insert keyframe di frame 221,kita create motion tween di frame 172.pada frame 221 kita geser kmbali lingkaran tsb ke titik awal.

Untuk member efek masking nya.kita klik kanan di layer 7 dan pilih Mask.
kemudian kita kunci.

Pada Layer 8, kita akan mulai bermain dgan Scrip.
                                                                                                                                                                                

Pertama,kita akan membuat tombol                           pada Frame 223 dg insert keyframe.
Cara nya.kita buat satu  kotak dg rectangle tool kemudian kita ketik kan text “ Go.. “ dg Text tool. Selanjut nya,blok  Kotak dan text ny, kita convert to symbol. Pilih Button dg registrasi di tengah ,lalu OK.


Untuk memasukkan Scrip Button “Go..” terlebih dahulu kita klik tombol tsb,kemudian kita klik Action atau F9 pada key board,kemudian kita masukan Scrip..

on (release){gotoAndPlay(224);}

*pastikan anda memasukkan scrip ini di Button.
Kemudian kita masukkan Scrip 

stop();

pada Frame 223.

Selanjutnya insert blank keyframe pada frame 224.disini kita akan membuat kotak nama dan npm serta button Back dan Next.
 untuk type text tool nya,kita pilih Input text dengan <instance name> name dan var: nama.dan pada text npm kita input dg var :npm

Kemudian kita beri Srip untuk Button Next.

on (release){gotoAndPlay(225);}

Dan Button  back.

on (release){gotoAndPlay(223);}

Kemudian kita masukkan Scrip 

stop();

pada Frame 224.

Kemudian kita inset blank keyframe pada frame 225 untuk membuat game instruction dg type text “Static text serta tombol back dan next.



Kemudian kita insert keyframe semua frame hingga frame237.dan kita kunci.

Kemudian kita beri Srip untuk Button Next.

on (release){gotoAndPlay(226);}

Dan Button  back.

on (release){gotoAndPlay(224);}

Kemudian kita masukkan Scrip 

stop();

pada Frame 225.

Pada Layer 9.disini kita akan memulai membuat pertanyaan.
Pertama insert blank keyframe pada frame 227 untuk membuat soal pertama..


untuk pembuatan soal ,kita hanya menggunaka Text tool.selanjutnya ,untuk masing-masing pilihan ganda nya,kita convert to symbol.dg type :Button dan registration di tengah. Berlaku untuk seluruh soal yg kita buat.

Untuk memasukkan scrip..klik jawaban yg benar..kemudian masukkan scrip.

on (press) {gotoAndPlay(228); Sekor +=10}

*untuk jawaban benar.(Pilihan “B”)

on (press) {gotoAndPlay(228); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah (Pilihan “A”)

on (press) {gotoAndPlay(228); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah  (Pilihan “C”)


  


Untuk memasukkan scrip..klik jawaban yg benar..kemudian masukkan scrip.

on (press) {gotoAndPlay(229); Sekor +=10}

*untuk jawaban benar.(Pilihan “A”)

on (press) {gotoAndPlay(229); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah (Pilihan “B”)

on (press) {gotoAndPlay(229); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah  (Pilihan “C”)



    Sampai 

Untuk memasukkan scrip..klik jawaban yg benar..kemudian masukkan scrip.

on (press) {gotoAndPlay(237); Sekor +=10}

*untuk jawaban benar.(Pilihan “C”)

on (press) {gotoAndPlay(237); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah (Pilihan “A”)

on (press) {gotoAndPlay(237); Sekor +=0 }

*untuk jawaban salah  (Pilihan “B”)


Kemudian kita insert blank keyframe di frame 237 untuk hasil nilai dari soal tsb..

 untuk type text di samping,kita gunakan Dynamic text.
Untuk text yg pertama,kita beri nama Var :nama
Untuk text yg ke dua,kita beri nama Var: npm
Untuk text nilai skor, kita kasih <instance name> : score dg Var : sekor
Untuk text terakhir,kita beri nama var:keterangan
Lalu kita akan menambahkan satu tombol lagi ( Try Again )
Untuk memasukkan Scrip tombol “Try Again

on (release){gotoAndPlay(224);}

agar animasi tidak kedap-kedip,kita tambahkan Scrip 

stop();

Di semua Frame Mulai dari Frame 223 sampai ke frame 237 .

*Pastikan Scrip berada pada Frame. Pada Layer 8.

Pada Layer 9, kita beri Scrip pada Frame 227

Sekor =0;

Pada Frame 228,kita beri Scrip 

Sekor +=0;

Pada Frame 229,kita beri Scrip 

Sekor +=0;

Sampai ke frame 237..

Pada Frame 238 kita masukkan Scrip Pada Frame,

if (Sekor>=80) { keterangan = "congratulations, you succeeded ..!";}

if (Sekor<80) { keterangan = "oh,you have not finished..read and try again,Ok ..!";}


Logika nya,

jika hasil/nilai <80

Maka keterangan  nya

"oh,you have not finished..read and try again,Ok ..!";




Jika hasil/nilai anda >=80

Maka keterangan nya  

"congratulations, you succeeded ..!"



Sekian dari saya..Kembangkan kreatifitas anda,dan selamat mencoba……..
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar